ALAT OPTIK

Sebenarnya apa sih alat optik itu?

Alat optik adalah alat yang membantu manusia dalam mempermudah penglihatannya. Yang dimaksud optik disini adalah cermin dan lensa. Cermin dan lensa serta prinsip kerjanya memberikan sarana pemahaman bagi pemanfaatannya untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Jadi alat optik adalah alat-alat yang menggunakan lensa dan memerlukan cahaya.

Mengapa alat optik harus diciptakan?

Mata kita memiliki kemampuan untuk melihat sangat terbatas, yaitu tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda kecil, benda-benda yang sangat jauh dan tidak dapat merekam apa yang dilihatnya dengan baik. Oleh sebab itu mata kita harus dibantu dengan alat-alat optik buatan.

Macam-macam alat optik apa saja?

Alat optik digolongkan menjadi 2, alat optik alamiah dan buatan. Alat optik alamiah adalah mata. Secara tidak sadar mata kita termasuk alat optik dengan cara kerja tercanggih. Mengapa dikatakan begitu, karena manusia sendiri belum bisa membuat alat optik yang serupa kemampuannya dengan mata kita. Lalu ada alat optik buatan antara lain lup, mikroskop, teropong, kamera dan lain-lain.




Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.